Kelayakan web untuk ikut program Adsense

Tanya :

Dengan hormat,

P' Agus, syukur alhamdulillah saya menemukan buku bapak di Gramedia. Sudah
lama saya ingin nyemplung dan memanfaatkan adsense
ini buat webblog saya di www.indonesia-aman.info.

Web ini pada bulan Januari 2008 sudah dikunjungi 1770 pengunjung dan
16.300 hits per bulan dari 37 negara.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana saya sebagai orang awam bisa
memanfaatkan adsense ini untuk main-income saya. Maklum saya ini orang
awam yang untuk daftar domain, ngurus buatin web blog semua oleh orang
lain.

Kebetulan juga saya masih punya nama domain lain yang belum saya
publikasikan dengan alamat www.indonesia-aman.com dan
www.indonesia-aman.org

Pertanyaan saya, apakah artikel-artikel saya di www.indonesia-aman.info
layak di-AdSense-Google-kan ? Dan dapatkah P' Agus bisa
memberikan gambaran dan potensi main-income yang dapat dihasilkan dari
artikel-artikel saya di Indonesia-Aman ?

Atas atensi, saran, support dan bantuan P' Agus, saya mengucapkan
terimakasih.

Salam,
Agung MSG (lewat email)

Jawab :

Halo Agung,

Terima kasih untuk pembelian bukunya ya, semoga bisa makin menyemangati menyuguhkan blog yang bermanfaat banyak.

Saya baru saja mampir ke web .info-nya. Boleh saya minta trafik hitsnya juga bisa dicantumkan di blognya agar lebih mudah dipantau, karena saya tak melihat live statnya secara langsung nih.

Konten yang digunakan di webnya berbahasa Indonesia ya. Sebenarnya ini cukup untuk bisa bermain di Adsense. Namun bila pertanyaan dialihkan ke potensi, saya kira peluangnya ada meski saya bilang agak kecil. Bila kita mendaftarkan blog berbahasa indonesia, seperti yang saya tulis, kita hanya mendapatkan produknya berupa adsense for search. Ini artinya peluang iklan adsense untuk diakses (dan belum tentu diklik) mesti dilakukan bila ada pengunjung yang melakukan pencarian aktif.

Pola penggunaan mesin pencarian di web internal sejauh saya lihat masih minim. Beda dengan blog atau web berbahasa asing yang mendapatkan produk adsense for content dmana iklan bisa langsung tayang dan menggoda pengunjungnya untuk diklik.

Jelas saya tak melarang untuk tidak mendaftarkan, hanya memberi wawasan akan peluang bila bermain adsense dengan produk yang terbatasnya, adsense for search, untuk web yang menjangkau pengunjung yang memahami bahasa indonesia dan melihat pola perilaku mereka yang jarang melakukan pencarian internal.

Mungkin ini yang bisa saya sampaikan.

Boleh saya tahu dmana Bapak membeli buku saya dan apakah saya boleh publikasikan pertanyaan dan jawaban ini ke http://bukuedittag.blogspot.com agar bisa juga menjadi pembelajaran umum?

Terima kasih.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

3 komentar:

yani mengatakan...

thanks atas tip nya mas...
sy br buat blog nih....dan baru daftar di adsense, tapi belum ada balasannya yah. berapa lama ya biasanya baru di reply ama google. udah gak sabar nih mo tau jawabannya. diterima apa mggak

Exude mengatakan...

Mas, saya pendatang baru. Tips-tips dari mas begus bagus. Saya jadi bersemangat dalam blogging mas. Hidup Perbloggan Indonesia! :)

Sukses selalu bwt mas...

senggarang bintan tourism mengatakan...

malam pak ... saya mau bertanya... saya pernah ikut seminar bagai mana meraup dollar melalui contan blog.... dan saya sangat tertarik sekali... maka dari itu saya mencoba membuat blog sendiri...akhirnya berhasil ... tetapi kesulitan saya macam mana saya bisa menghasil kan income ya? dan mempubliskan blog saya... kueqenak.blogspot.com... klo boleh tau di mana saya bisa mendapatkan buku karya edittag ini ya? terimakasih ...

Prakata

Blog ini sengaja dicipta untuk mewadahi kabar-kabar tentang keberadaan buku-buku karya Edittag. Sengaja menulis buku dalam bentuk jamak, dengan harapan akan adanya buku-buku lain setelah buku pertamanya terbit (Amin!).

Buku pertama merupakan terbitan dari penerbit Gradien Yogyakarta. Berisi panduan untuk mengoptimalkan blog agar bisa mandiri secara finansial, serta menawarkan ragam pilihan layanan iklan-iklan kelas dunia. Mulai dari Google Adsense, Adbrite, Text-Link-Ads hingga layanan afiliasi dari Amazon.

Selanjutnya ,,,