Bolehkah mengganti nama blog?

Tanya :

Jakarta, 30 Desember 2007

Yth. Bpk Agus Hery

Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Saya telah membaca buku Bapak " Meraup Dollar lewat Blog ", dan telah mempunyai blog yang isinya adalah sesuai tujuan pertama blog diciptakan yaitu kegiatan/pengalaman saya, namun ada beberapa yang menjadi pertanyaan saya, mudah-mudahan Bapak dapat membantu saya, yaitu :

1. Apakah blog yang kita sudah buat dapat dirubah namanya ?
2. Apakah tema isi blog harus sesuai dengan nama blog ?
3. Apakah isi blog boleh bermacam-macam tema ?
4. Bagaimana cara untuk membuat halaman pada blog ?
5. Bagaimana agar blog kita menjadi favorit untuk selalu dikunjungi ?

Terima kasih atas bantuan Bapak

Wassalam

Pengirim : Tenri Tata (via email)

Jawab :

Halo Tata,

Wallaikumsalam wr wb.

Sebelumnya terima kasih telah membeli dan tentunya membaca buku saya.
Langsung saja saya jawab pertanyaannya ya...:

1. Apakah blog yang kita sudah buat dapat dirubah namanya ?

Nama? ada dua pengertian yang saya tangkap disini, yakni alamat URL blog dan title blog. Untuk alamat URL tentu bisa diganti, misalnya saya punya http://blogku.blogspot.com , maka bila saya punya domain baru, saya bisa pindahkan ke http://blogku.com misalnya. Lalu untuk title blog ini lebih mudah lagi. Kita bisa atur sesuai keinginan. Di blogger misalnya, masuk ke Pengaturan lalu masuk bagian Umum. Kita bisa ganti nama blog disana, misalnya dari : Pengalamanku tentang hidup, menjadi : Aku dan Dirinya. :)


2. Apakah tema isi blog harus sesuai dengan nama blog ?
Akan lebih baik juga sesuai nama, karena bila title berbeda dengan konten akan bisa memunculkan kesan blog membohongi. Namun itu sangat menyangkut etika. Tapi etika kan bisa mempengaruhi minta baca kan?. Jadi mudahnya, ganti title blog dengan konten agar lebih menyatu dan memudahkan mesin pencari. Kalo alamat URL blog beda dengan isi blog jelas tak mengapa. Saya punya alamat blog di http://agushery.blogspot.com, dan isinya tentang Adobe Flaslite, namun title saya beri nama sesuai dengan isi blog.

3.Apakah isi blog boleh bermacam-macam tema ?
Bisa saja, pilah pilah temanya dengan memberi kabel/kategori. Cakupan tema mestinya tak terlalu jauh dalam satu blog. Misalnya blog tentang buku akan bisa menjadi subbab buku favorit, buku baru atau buku bacaan wajib. Namun saat menulis tentang cara membuat laporan sekolah akan lebih baik tak dijadikan satu dalam blog yang sama.

4.Bagaimana cara untuk membuat halaman pada blog ?
Di wordpress ada cara ini, yakni add new page, klik di dalam dashboard. Bila di blogspot kita harus membuat postingan terlebih dulu, lalu halaman posting ini kita salin alamat URLnya dan tambahkan alamat ini pada elemen halaman berjenis HTML/javascript. Silakan praktik.

5.Bagaimana agar blog kita menjadi favorit untuk selalu dikunjungi ?
Ini susah susah gampang, karena butuh proses untuk menemukan pembaca yang loyal. Namun untuk tahap awal ada cara yang bisa diikuti, yakni selalu update, gunakan bahasa yang kita kuasai, lalu isi materi yang kita kenal dengan baik dan juga berikan interaksi ke pengunjung lebih banyak.

Silakan email lagi bila ada yang ingin diketahui lebih lanjut.

Terima kasih sekali lagi!.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

6 komentar:

Unknown mengatakan...

Pak, kalau mengganti url, misalnya dari http://dede.blogspot.com, mau ganti ke http://dedejumintang.blogspot.com, bisa, gak? Kalau bisa, tolong beri tahu caranya di blog saya, ya. Terima Kasih

Anonim mengatakan...

Ass.wr wb. Yth.. Pak Agus
saya unya masalah nih.. saya sdh ganti URL dan judul blog, tapi nama penggunanya masih yg lama , ketika search di google.. dg keyword " saungweb" postingan ada semua, cuman kalau diklik larinya ke alamat yg lama. sementara URL yg lama sudah di hapus.. jadi saya mau taya :
1. masalahnya kenapa ?
2. apakah nama pengguna bisa diganti
(nama pengguna kebetulan sama dg emailnya )
3. saya mau ganti nama pengguna dengan email yg baru juga . caranya bagai mana ?

Utk jelasnya tolong mampir aja di. http://www.saungweb.blogspot.com dulunya http://www.papatiras.blogspot.com
terima kasih. maaf yah merepotkan

akhmad sholikhuddin mengatakan...

askum??

Unknown mengatakan...

terima kasih atas infonya pak

Machink mengatakan...

Ass..
Cara bapak yang "ganti nama" dah dicobain, tapi blum efektif (baca: tidak bisa). saya makenya yang ada di
http://andimahmal.blogspot.com/2010/11/mengubah-nama-di-blogspot.html
Semoga bisa jadi alternatif lain.
Salam kenal pak

Unknown mengatakan...

saya sudah kirim email ke bapak,sepertinya ini tempat yg cocok buat konsultasi blog saya.terimakasih

Prakata

Blog ini sengaja dicipta untuk mewadahi kabar-kabar tentang keberadaan buku-buku karya Edittag. Sengaja menulis buku dalam bentuk jamak, dengan harapan akan adanya buku-buku lain setelah buku pertamanya terbit (Amin!).

Buku pertama merupakan terbitan dari penerbit Gradien Yogyakarta. Berisi panduan untuk mengoptimalkan blog agar bisa mandiri secara finansial, serta menawarkan ragam pilihan layanan iklan-iklan kelas dunia. Mulai dari Google Adsense, Adbrite, Text-Link-Ads hingga layanan afiliasi dari Amazon.

Selanjutnya ,,,