Privat Blog

Tanya :

Selamat Pagi, Pak Agus,

Saya Parlin, salah satu pembaca buku tentang Blog yang Pak Agus tulis.

Sebelumnya terima kasih saya sampaikan atas tulisan Bapak seputar Blog, yang menambah wawasan saya yg bukan ahli blog atau web ini.
Background saya adalah Akuntan Pajak, dan sekarang ini masih sebagai karyawan di bidang Pajak.
Pertanyaan saya terkait blog adalah :

1) Apakah ada setting khusus atas dokumen atau tulisan saya yg cukup personal, yg tidak perlu dipublikasikan ke orang banyak yg bisa mengakses blog saya? Maaf, kalo itu sdh ada di salah satu buku Bapak. Dan saya baru sedang membaca salah satu buku Bapak, dan belum selesai.,

2) Terkait Hak Cipta, apakah perlu ijin khusus, jika saya mengutip suatu artikel dari Web lain, misalnya dati Toyota, ttg, "tips merawat kanvasa koplin dsb...."?


Terima kasih atas bantuan penjelasan Bapak,.

Salam,
--
Parlin Bachtiar (lewat email)

Jawab :

Selamat siang Pak Parlin,

Terima kasih telah membaca buku saya.
Langsung saya jawab saja ya...

1. Maksud Anda ada memiliki materi tulisan yang tak ingin diketahui khalayak umum? Tentu saja bisa dan ada beberapa blog yang memiliki dukungan untuk keperluan ini. Bila Anda menggunakan layanan blog dari Blogger misalnya, Anda bisa masuk ke bagian Pengaturan (setelah tiba di halaman Panel Kontrol), laluk klik menu Ijin di ujung paling kanan. Perhatikan pada bagian "Siapa yang bisa lihat blog ini", disitu ada 3 pilihan, salah satunya adalah "Hanya penulis blog", yang berarti kita saja yang bisa membuka blog ini. Tentang private blog, pernah saya tulis di http://edittag.blogspot.com/2007/02/blogger-private-blog.html.

2. Ini menyangkut etika berinternet, banyak yang menyarankan untuk menyebut cukilan artikel yang kita tulis dalam postingan kita. Lalu bila berhubungan dengan teknis, link ini akan memudahkan sang empunya artikel untuk melacak tulisanya dan bisa jadi kita akan diajak berkomunikasi langsung akan tulisan yang sedang dibicarakan. Ini hal yang tentunya menguntungkan kedua belah pihak.

Silahkan kabari bila ada yang ingin Anda ketahui lagi.

Salam.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
Read Comments

0 komentar:

Prakata

Blog ini sengaja dicipta untuk mewadahi kabar-kabar tentang keberadaan buku-buku karya Edittag. Sengaja menulis buku dalam bentuk jamak, dengan harapan akan adanya buku-buku lain setelah buku pertamanya terbit (Amin!).

Buku pertama merupakan terbitan dari penerbit Gradien Yogyakarta. Berisi panduan untuk mengoptimalkan blog agar bisa mandiri secara finansial, serta menawarkan ragam pilihan layanan iklan-iklan kelas dunia. Mulai dari Google Adsense, Adbrite, Text-Link-Ads hingga layanan afiliasi dari Amazon.

Selanjutnya ,,,